Oct 28

Bagaimana Masa Depan SEO di Tahun 2020?

Ada banyak perdebatan dan perbedaan pendapat tentang masa depan Search Engine Optimization (SEO). Ada yang menganggap kalau SEO ini akan tetap ada, namun ada juga yang mengatakan kalau optimasi mesin pencari ini akan mati. Nah kalau anda dengar kedua pendapat tersebut, mana sebetulnya yang akan anda percayai? Mungkin saja keduanya benar, dan untuk menemukan jawaban jelasnya, kita harus melakukan proses pencarian..

seo

Nah kini kita tinggal di tahun 2017, dimana metode marketing sudah sangat banyak sekali untuk mempromosikan produk bisnis ataupun bisnis. Banyak pengusaha atau pebisnis yang beralih ke paid promote dibandingkan dengan SEO. Beberapa platform mesin pencari juga banyak yang menawarkan paid promote dan paid trafik. Misalnya, di Google, ada Google AdWord, di Bing ada BingAds. Nah itu adalah penawaran singkat dari perusahaan mesin pencari untuk memudahkan para pelanggan situsnya muncul di halaman pertama.

Tak hanya mesin pencari, kini banyak juga perusahaan media sosial yang coba menawarkan paket paid promote dan paid trafik tersebut. misalnya di Facebook ada FacebookAds, di instagram ada instagram Ads, dan lainnya.

Lalu, Bagaimana Masa Depan SEO di Masa Depan?

Berdasarkan prediksi banyak expert, meski ada banyak gempuran paids trafik namun diperkirakan kalau search engine optimization masih akan tetap diminati bahkan dibutuhkan. Ada beberaoa alasan yang menjadikan teknik ini akan tetap banyak digunakan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Optimasi mesin pencari bisa lebih lifetime tidak bergantung budget keuangan modal seperti digunakan dalam paid trafik
  • Selama ada mesin pencari, pasti akan selalu membutuhkan optimasi
  • Tak semua hal atau produk bisa dioptimasi lewat paid trafik

Terus, Bagaimana Kriteria Optimasi 2020?

Nah kemudian bagaimana sebetulnya kriteria optimasi di masa yang akan datang? Apakah lebih mudah atau lebih sulit. Nah sebagaimana digambarakan dalam fakta yang terjadi di mesin pencari selama ini, contohnya Goole; terus terjadi perubahan yang signifikan pada algoritma yang menentukan masuknya situs web pada halaman pertama mesin pencari. Pihak google senantiasa berupaya memberikan referensi halaman satu dengan situs-situs web yang relevan dan berkualitas.

Nah kualitas biasanya menjadi pokok penting yang kemudian dihubungkan dengan kriteria mobile friendly, fast response dan juga user experience lainnya. Nah kalau anda mau melakukan proses optimasi di masa yang akan datang, memang sebaiknya harus memprioritaskan pada hal-hal tersebut karena itulah masa depan optimasi di masa yang akan datang.

Apakah optimasi akan lebih berat?

Nah jika ada pertanyaan itu, maka jawabannya akan bergantung pada bagaimana apakah kita mampu menyajikan kualitas website, konten dan juga kualitas backlink? Kalau tak masalah, maka pastinya proses optimasi SEO akan tetap mudah.