Oct 22

Peluang dan Inovasi Pada Bisnis Kuliner Nusantara

Saat ini adalah masa-masa sulit untuk mendapatkan penghasilan ditengah carut marutnya situasi perekonomian global. Keadaan ini secara tidak langsung membuat setiap orang ingin mencari berbagai peluang untuk membuka suatu usaha atau bisnis agar kebutuhan hidupnya tetap tercukupi.

Pada umumnya orang-orang akan berpikir makanan dan minuman sebagai pilihan peluang bisnis yang menguntungkan. Hal ini terlihat sangat umum karena makanan dan minuman merupakan bisnis kuliner yang tidak ada matinya dan selalu dibutuhkan oleh siapapun. Namun perlu diingat bahwa tidak semua orang yang pernah menjalankan bisnis ini bisa bertahan lama atau perkembangannya biasa-biasa saja.

Sedangkan sebagian kecil wirausahawan bisa bertahan serta berkembang  karena menerapkan strategi yang jitu dengan terus melakukan inovasi. Nah topik tentang inovasi bisnis kuliner inilah yang akan dibahas sekarang.

Berinovasi atau menciptakan sesuatu yang beda bahkan baru adalah penting dalam dunia bisnis, tidak terkecuali pada bidang kuliner. Tidak peduli itu bentuk usahanya rumah makan mewah atau warung pinggir jalan semua butuh inovasi agar produk yang dihasilkan laku dan tetap menarik minat konsumen.

Inovasi tidak terbatas hanya pada produk saja, tetapi juga pada sisi pemasaran. Hal itu bertujuan agar menciptakan suatu kesan dari orang-orang bahwa membeli produk kuliner anda akan mendapatkan banyak keuntungan karena segi kualitas menu makanan dan minuman serta pelayanan kepada konsumen dangat memuaskan.

Anda pasti tidak asing dengan tempe goreng, disetiap sudut tempat banyak penjual tempe goreng dengan berbagai macam bentuk serta rasa. Jika anda ingin berdagang tempe goreng secara otomatis akan mempunyai jumlah kompetitor atau pesaing yang tak terhitung banyaknya. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi baru untuk membuat tempe goreng dagangan anda beda dengan penjual lainnya.

Sebagai gambaran anda bisa memilih jenis tempe sebagai bahan baku utama yang berkualitas, metode penggorengan yang baik dan sehat tanpa harus tempe goreng anda bagaikan tercebur kedalam kubangan minyak goreng. Selain itu inovasi lainnya bisa saja anda menambahkan bumbu tambahan seperti saos sambal goreng hati, jadi si pembeli bisa makan dengan mencocolkan tempe goreng dengan bumbu saos tersebut.

Diatas itu hanya sebuah gambaran, bagaimana membuat inovasi dari makanan sederhana menjadi luar biasa. Teknik, pemilihan bahan, memasak, dan penyajian merupakan syarat utama kuliner, untuk itu berinovasilah jika anda memang ingin membuka suatu peluang bisnis di bidang makanan dan minuman. Tentu saja yang higienis dan aman untuk dikonsumsi oleh manusia, jangan berinovasi dengan menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan dan nyawa orang ya.